Oct 30, 2013

Label:

1 November 2013 Sketch Bareng di Bendungan Gembiro, Anda Siap ?

Agenda

Salam kawan, menjelang awal bulan November persiapkan diri kalian dengan peralatan perang seperti kertas dan alat-alat gambar lainnya. Bertepatan dengan acara Bedahan Pintu Bendungan Gembiro di Desa Bukur Kecamatan Bojong Kab. Pekalongan, kami mengajak kawan-kawan untuk melihat keindahan Pekalongan untuk kemudian merekamnya dalam karya sketsa.

Sekilas tentang tradisi Bedahan Bendungan Gembiro.
Bedahan adalah nama lain dari membuka pintu bendungan. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan aliran sungai dari endapan lumpur yang  berasal dari hulu sungai. Disamping itu juga dalam rangka menyambut masa musim penghujan agar aliran air menjadi lancar.

Yang menarik dari acara pembukaan Bendungan Gembiro adalah masyarakat baik yang berada di wilayah atas maupun wilayah bawah bendungan ini dapat dengan mudah mengambil ikan di sepanjang aliran sungai. Hal tersebut dikarenakan air bercampur lumpur sehingga membuat ikan-ikan yang berada di sungai itu mabuk dan bahkan mati.

Dan di tahun 2013 ini disamping dibukanya pintu bendungan Gembiro, juga digelar arak-arakan nasi kuning dan festival ayam panggang srapah. Ayam panggang srapah adalah sebuah masakan khas Desa Bukur. Ayam panggang ini tidak jauh beda dengan ayam panggang pada umumnya, bedanya adalah ketika ayam yang sudah dipanggang kemudian dimasak lagi dengan bumbu khusus. Model memasak itulah yang disebut srapah.

Kapan dan dimana?
Hari : Jumat, tanggal 1 November 2013
Pukul : 14.00 WIB (Anda bisa datang lebih awal)
Lokasi : Di Bendungan Gembiro Desa Bukur Kecamatan Bojong Kab. Pekalongan

Objek Menarik
Di sekitar Bendungan dapat dijumpai pemandangan alam yang indah, Aktivitas orang yang sedang menangkap ikan, dan lain lain.

Diharapkan kedatangan kawan-kawan, sudi kiranya meluangkan waktu. Peralatan gambar (pensil, kertas, cat air dll) dan konsumsi bawa sendiri-sendiri. Jangan lupa mengajak semua kenalan untuk ikut serta. Komunitas lain silahkan gabung :)

Sampai jumpa disana

Salam
CP Andy
6285868858478 (SMS Only)

-------------------------------

Anda suka dengan postingan ini silahkan klik tombol ini
Recent Post



Bagi Anda pengguna Android silahkan download aplikasi USk Pekalongan For Android disini
Dilarang mempergunakan gambar sketch kami tanpa se-izin yang membuat sketch

Pindai QR Code ini, untuk mendapatkan artikel di atas :)

Pekalongan Sketcher

Author & Editor

Urban Sketchers is a nonprofit organization dedicated to raising the artistic, storytelling and educational value of location drawing, promoting its practice and connecting people around the world who draw on location where they live and travel. Sketchers from the Pekalongan area share their drawings on this blog. Visit our main blog at urban sketchers dot org for more information.

4 comments:

  1. Halo Blognya Pekalongan ^^

    Di update lagi ya tempat" wisata yang ada di sana, saya mau kenalan dengan obyek wisatanya, salam kenal ^^

    ReplyDelete

 

Social Media

  • Copyright © Pekalongan Sketcher™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.